PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN RPTRA RAWA BADAK JAKARTA UTARA

Versions

PDF

Abstract

Latar belakang diadakannya pendampingan program minat baca ditujukan kepada masyarakat usia sekolah di perpustakaan RPTRA Rawa Badak Jakarta Utara. Fakta potensi fasilitas yang dimiliki RPTRA untuk masyarakat perlu ditingkatkan tidak hanya berupa sarana dan fasilitas juga berupa latihan membaca cepat dan memahami cerita. Survey yang ditemukan adalah minat membaca mereka cenderung kepada buku yang bergambar. Pada buku yang berisi tulisan saja, mereka mengalami kesulitan dalam memahami bacaan. Penulis memutuskan untuk melakukan pendampingan membaca dan bagaimana mereka mencintai membaca sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Metode yang digunakan adalah Community Development  yaitu memanfaatkan komunitas para pelajar yang bermain di RPTRA untuk dapat memanfaatkan sarana dan fasilitas di perpustakaan  dengan berbagai cara, diantaranya adalah sosialisasi program minat baca, story telling, permainan edukasi dan pengadaan sarana buku Islam yang menarik agar menjadi solusi perbaikan minat baca.

https://doi.org/10.59166/baktimulya.v1i1.118
PDF

Views: 349 / Download:164


References

Artana, I.K (2015). Perpustakaan, Masyarakat, dan Pembudayaan Gemar Membaca. Acarya Pustaka,1(1)

Basalamah, M.R, &Mohammad Rizal. (2020) Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,4 (1).https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3756

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Sularso, P. (2020). Rendahnya Minat Baca Berpengaruh Terhadap Kualitas Bangsa. https://gpmb.perpusnas.go.id/index.php?module=artikel_kepustakaan&id=42

Tirtayati, N. P. E., Suarni, N. K., & Magta, M. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Menggambar Bebas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Yunus, A. (2012). Pembelajaran membaca berbasis Pendidikan karakter, Bandung: PT Refika Aditam

Widodo, M. C., & Harini, M. (2016). Pengaruh Kegiatan Menggambar dengan Krayon terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk . Satu Atap Pekayon 15 Pasar Reho Jakarta Timur. Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Khus, 18–26.