PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN TERHADAP TENAGA PENDIDIK DALAM MEMBERIKAN MATERI BACA TULIS AL-QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK DAN ORANG DEWASA DI KECAMATAN CIGUDEG

Abstract

Sebagai ujung tombak dalam menyampaikan ilmu, khususnya ilmu agama, masih banyak para tenaga pendidik menggunakan metode-metode mengajar yang kurang memenuhi standar sebagai pendidik. Atas dasar ini maka pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mengajar kepada tenaga pendidik di Madrasah Al–Iqra, Jl. Raya Sudamanik Kp. Lebakwangi Lapangan, Dusun 01, RT. 02 RW 01 Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Metode pengajaran di Madrasah ini masih menggunakan metode otodidak bukan metode yang didapatkan dari teori-teori di perguruan tinggi. Atas dasar ini, penulis memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap tenaga pendidik dengan menggunakan metode Action To On The Spot. Oleh sebab itulah, penulis mengajak, mengedukasi, memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada para tenaga pendidik. Tujuan utama pelatihan ini adalah berdaya gunanya para tenaga pendidik sehingga menghasilkan Sumber Daya Manuisa yang lebih baik.

https://doi.org/10.59166/baktimulya.v2i1.94
PDF

Views: 166 / Download:147


References

Humam, As’ad. 1994. Buku Iqro’ Cara Cepat Belajar Membaca Al-Quran. Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus “AMM”.

Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Semarang: Bumi Aksara.

Lestari, W., Kerwanto, K., Ruhimat, I., & Rizki, R. A. (2024). IMPLEMENTASI METODE MIND MAP DAN MARKET DAY UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR AL- QUR ’ AN -HADIS SECARA ( Studi Kasus di MAN 1 Kota Tangerang ). SYAIKHONA : Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam, 02(01), 23–40.

Muhaimin. 2003. Undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS

Ramayulsi. 2013:38. Pendidikan Islam

Siswoyo,Dwi.dkk. 2015. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sudirman,N.dkk. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakary