Abstract
Latar belakang diselenggarakannya pendampingan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode Tikrar di Kampung Baru Gandaria Utara adalah melihat potensi yang dimiliki anak-anak di Kampung tersebut dalam membaca Al-Qur’an. Kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an anak-anak di Kampung Baru Gandaria Utara cukup baik, hanya saja dalam praktiknya masih terdapat beberapa kelemahan serta kesalahan dalam melafalkan huruf hijaiyah. Sehingga dalam hal ini, penulis memutuskan untuk melakukan pendampingan membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode Tikrar, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan (serta kemahiran) anak dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an. Metode yang kami pergunakan dalam pendampingan ini adalah metode Tikrar. Metode Tikrar dipilih sebab telah dikenal cukup efektif meningkatkan kemampuan melafalkan huruf hijaiyah, serta meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD), yang mana teknik ini memanfaatkan seluruh kekayaan asset serta potensi yang ada di lingkungan masyarakat sekitar. Hasil dari pengabdian dan pendampingan ini adalah cukup berhasil meningkatkan kemahiran anak-anak dalam melafalkan huruf hijaiyah. Kegiatan ini cukup pula berhasil meningkatkan kemampuan hafalan anak-anak.
References
Arfandi, A., Hasanah, H., & Zainuddin, Z. (2023). Implementasi Metode Takrir Untuk Mempercepat Menghafal Alqur’an Bagi Siswa Di Sekolah Dasar. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.35316/edupedia.v8i1.2935
Aryani, S., Astuti, M., & Fahmi, F. (2022). Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Kelas B Di PAUD SPS Bhakti Pertiwi. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 167–178. https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.11246
Lestari, W., Kerwanto, K., Ruhimat, I., & Rizki, R. A. (2024). IMPLEMENTASI METODE MIND MAP DAN MARKET DAY UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR AL- QUR ’ AN -HADIS SECARA ( Studi Kasus di MAN 1 Kota Tangerang ). SYAIKHONA : Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam, 02(01), 23–40.
Mu’minatun, D. I., & Misbah, M. (2022). Metode Tikrar dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1332–1338. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3070
Syarifuddin, N., & Nildawati. (2017). Asset-based community development (ABCD) model: An approach for improving environmental and behavioral health. Advanced Science Letters, 23(4), 3364–3366. https://doi.org/10.1166/asl.2017.9144
Syaripuddin, S., & Baso, A. S. (2020). Makna Menghafal Al-Qur’an bagi Masyarakat Kampung Lempangeng Desa Boddie Kec. Mandalle Kab. Pangkep. Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 1(1), 49–72.
